Rabu, 09 Mei 2012

Penggalangan dana dari Grup Usaha Bersama

Disadari ataupun tidak, diantara warga di lingkungan RT-RW kita tentu memiliki keahlian khusus yang dapat dijual. Potensi-potensi ini dapat dikembangkan secara kolektif oleh Panitia untuk meraih keuntungan di kedua belah pihak.

Pengembangan kolektif ini dapat dilakukan dalam bentuk GRUP USAHA BERSAMA, yang dimotori dalam hal ini oleh Pengurus RT-RW.

Adapun langkah yang dapat dilakukan oleh Pengurus RT-RW diantaranya adalah : menginventarisir keahlian warga, mengelompokkan dalam masing-masing jenis keahlian jasa, dan menawarkan program kerjasama usaha kepada para pemilik potensi tersebut. Potensi-potensi yang dimaksud dalam hal ini tidak terbatas pada warga RT-RW setempat, tapi terbuka untuk semua kalangan yang bersedia mengikuti program ini dalam bentuk kesepakatan tertulis.

Dalam pelaksanaannya, Panitia dibantu oleh seluruh lapisan masyarakat berperan sebagai marketing dari semua produk-produk yang tersedia dalam GRUP USAHA BERSAMA, dan dari setiap pembayaran order yang diterima, maka Panitia akan mendapatkan fee marketing (komisi penjualan) sesuai dengan nilai yang telah disepakati bersama.

Sistem marketing dapat dilakukan secara offline (dari mulut ke mulut), sebar brosur, atau secara online dalam bentuk website tersendiri. Jika program ini dapat berjalan dengan baik, tentu dengan dukungan seluruh lapisan masyarakat, tidak menutup kemungkinan disamping dapat mempercepat Pembangunan lingkungan RT-RW, ke depannya dapat juga melahirkan para pengusaha-pengusaha berkah mandiri yang secara kolektif memiliki visi dan misi bersama untuk pengembangan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar