Sabtu, 07 April 2012

Menyelenggarakan penyuluhan dan pelatihan keterampilan warga

Dalam rangka peningkatan pemahaman terhadap suatu permasalahan atau hal-hal yang baru, baik itu berupa program pemerintahan ataupun program RT-RW setempat, maka sangat perlu dilaksanakannya Penyuluhan atau Pelatihan secara berkala kepada Warga.

Penyuluhan sangat penting dilaksanakan untuk menghindari adanya kesalah pahaman dan adanya persamaan persepti terhadap suatu permasalahan bersama.

Penyuluhan dan pelatihan dapat dilaksanakan sesuai dengan bidangnya masing-masing, misalnya tentang kebersihan dan kesehatan lingkungan, bidang keamanan, bidang keagamaan, bidang kemandirian dan kewirausahaan, dan lain-lain.

Dalam pelaksanaannya, penyuluhan dan pelatihan dapat melibatkan pihak-pihak yang berkompeten agar menghasilkan mutu yang baik. Contohnya :
  • Penyuluhan bidang kesehatan, dapat mengundang pembicara dari : Dinas kesehatan, Puskesmas, dan lain-lain.
  • Penyuluhan bidang keamanan, dapat mengundang pembicara dari aparat setempat, seperti POLRES, BISANPOL, dan lain-lain.
  • Penyuluhan bidang keagamaan, dapat mengundang pembicara dari : Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat, Lembaga Dakwah, Lembaga Pendidikan, dan lembaga keagamaan lainnya.
  • Penyuluhan bidang kemandirian dan kewirausahaan, dapat melibatkan pembicara dari : lembaga-lembaga usaha, komunitas bisnis, praktisi pengusaha, departemen koperasi, dan lain-lain.
Diharapkan dengan sering dilaksanakannya penyuluhan dan pelatihan dapat terus meningkatkan kecerdasan warga dan peningkatan ilmu pengetahuan dan keterampilannya, sehingga dapat melahirkan pribadi-pribadi yang cerdas mandiri.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar