Jumat, 20 April 2012

Menyelenggarakan perlombaan dan kompetisi

Menyelenggarakan aneka perlombaan dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk lebih meningkatkan kekompakan dan kebersamaan antar warga.

Penyelenggaraan lomba dapat dilaksanakan pada moment-moment tertentu yang tepat, seperti dalam acara-acara peringatan hari besar keagamaan, peringatan hari-hari besar nasional, acara keluarga, dan lain-lain.

Perlombaan dan kompetisi pun dapat disesuaikan dengan berbagai kategori, contohnya : Kategori untuk Anak-anak, remaja, dan Orang tua.

Jenis-jenis lomba disesuaikan dengan bidangnya masing-masing, seperti : bidang kebersihan lingkungan, bidang keagamaan, bidang olahraga, dan lain-lain.

Perlombaan atau kompetisi yang diselenggarakan diupayakan dapat diikuti oleh partisipasi seluruh warga, agar mereka semua dapat terlibat didalamnya.

Perlombaan dilaksanakan ditempat-tempat umum yang mudah dijangkau seluruh warga, seperti : di lapangan olahraga RT-RW, taman bermain, aula atau ruangan yang ada, dan lain-lain.

Pembentukan Panitia Penyelenggara sebaiknya melibatkan semua elemen masyarakat, atau dapat pula untuk tujuan kaderisasi kepada generasi muda, Penyelenggaraan Acara Perlombaan atau kompetisi dapat diserahkan kepada organisasi remaja atau pemuda, seperti Karang Taruna, Club Olahraga, atau Organisasi Keagamaan Kaum Remaja.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar